Monday 23 November 2015

Mengenal Tools di After Effect

Mengenal Tools After Effect, Software After Effect yaitu sebuah software yang di gunakan untuk membuat sebuah video effect, sehingga akan terlihat lebih indah dan menarik. Software After Effect ini adalah sebuah software yang di kembangkan oleh adobe yang bertujuan untuk memproduksi sebuah video effect. Dalam softwae after effect di dalamnya memiliki tools-tools penting yang di gunakan ketika mengedit atau menambahkan effect pada video. Pada penjelasan kali ini saya akan menjelaskan tools-tools pada software after effect beserta kegunaannya.

Dari gambar di atas sengaja saya beri angka merah supaya kita bisa tahu tentang kegunaannya masing-masing dari angka tersebut. Baiklah pertama saya akan menjelaskan dari nomor 1 terlebih dahulu supya bisa berurutan.

1. Menubar

Saya menyebutnya dengan panggilan menubar, terserah kalau Teman-teman mau menyebutnya apa. hehe
Dari menubar ini terdapat 9 sub-sub menu yaitu di antaranya ada:
a. File : Di dalam file sendiri terdapat cara membuat halaman baru, import export project, save, dan save as
b. Edit : Di dalam edit ada undo, redo, duplicat layer dan ada pengaturan pencerahan tampilan.
c. Composition : Di dalam composition terdapat New composit, edit composit dan render.
d. Layer : Di dalam layer ada banyak sekali kegunaanya seperti membuat layer camera, solid, null object, light, 3d layer, time dan pre-compose.
e. Effect : Di dalam effect terdapat berbagai effect, namanya saja effect pasti di dalamnya ya berisi tentang effect. Lebih jelasnya Teman-teman bisa pelajari sendiri tentang kegunaan effect tersebut
f. Animation : Di dalam animation ini kita bisa membuka animasi melalui animation lewat browser preset.
g. View : Di dalam view terdapat zoom out, zoom in, show rulers dan banyak lagi lainnya
h. Windows : Ketika kita akan menampilkan sebuah navigasi di tampilan layar maka yang haurs kita lakukan dengan cara memilih menu navigasi tersebut melalui windows.
i. Help : Di dalam help terdapat tentang after effect dan kita bisa tahu tetang update dari software tersebut melalui help.

2. Worksape
     Kenapa Workspace saya pisah dengan menubar? Karena Workspace memiliki fungsi tersendiri dalam after effect, yaitu fungsi dari workspace adalah dapat merubah tampilan dari after effect tersebut karena di dalam workspace terdapat 12 sub menu dan memiliki kegunaan masing-masing, namun yang sering di gunakan adalah yang standar.

3. Composition
     Compostion ini kegunaannya yaitu untuk meletakan file import dan hasil jadi.

4. Lembar Kerja
    Lembar Kerja berfungsi untuk membuat project yang akan kita buat.

5. Effect
    Dalam nomor 5 ini berisi tentang Audio, Effect, Paragraph dan Preview Play sebuah animasi.

6. Setting
    Kenapa saya sebut setting? karena pada nomor 6 ini kalau kita akan menggerakan sebuah animasi kita harus mengeditnya melalui Layer yang ada di setting. Teman-teman juga bisa mengeditnya melalui Effect Controls.

7. Durasi Waktu
    Dalam nomor 7 saya beri nama durasi waktu, karena kita akan mengatur lama tidaknya animasi melalui gambar nomor 7 ini.

          Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan tools pada after effect, seperti cara membuat effect keren pada after effect, membuat effect salju dan membuat effect hujan. Namun tidak dapat saya jelaskan satu per satu karena waktu saya tidak cukup dalam menjelaskan kegunaan tools tersebut, insyaallah akan saya jelaskan lain waktu. Terimakasih sudah berkunjung.




No comments:
Write komentar