Saturday 21 November 2015

Tutorial After Effect

Kali ini saya akan membahas tangang Tutorial After Effect. Sebelum memulai kita harus tau terlebih dahulu apa sih itu Software After Effect dan buat apa sih After Effect itu? Nah begini Teman-teman saya akan jelaskan tentang Software After Effect beserta kegunaannya. Jadi Software After Effect yaitu di gunakan untuk mengedit sebuah video atau memanipulasi video seperti Film-film orang luar, di dalam After Effect terdapat banyak sekali berbagai effect-effect dan salah satu effect yang paling populer adalah Video Copilot Bagaimana Teman-teman sudah ada gambaran belum tantang Software Affter Effect. Tentunya sudah dong. Biklah saya akan jelaskan tentang VIDEO COPILOT After Effect beserta kegunaan dari Effectnya. 

Pertama Teman-teman buka dahulu Software After Effectnya, boleh CS4 atau CS5. Bisa kan membuka software after effectnya? Kalau tidak bisa slahkan browsing di mbah google tentang cara membuka software after effect. hehe bercanda
Setelah di buka tampilan awalnya seperti ini Teman-teman.
tampilan lembar kerja

Dalam menubar terdapat sembilan menubar dan masing-masing menubar ada fungsinya yang berbeda beda. Dalam membuat video visual effect saya hanya memakai Composition, Layer dan Effectnya saja. Namun pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Effectnya saja. Di dalam Effect terdapat sekali berbagai macam-macam efect, lebih jelasnya lihat gambar.

tools di after effect

Dari tampilan di atas terdapat banyak sekali effectnya, kjka kita ingin membuat Video Copilot kita harus memilih Effect Video Copilot setelah itu tampilannya seperti ini.

tampilan element di ae cs 4

Kemudian pilih Scene Setup dan pilih E3D sesuai dengan keinginan Teman-teman. Di sini saya memilih Pesawat sebagai bahan percobaan.

jet strike fly di after effect

Untuk membuat menjadi 3d kita harus menambahkan Camera pada layer, Caranya pilih Layer-New-Camera atau bisa menggunakan tombol CTRL+ALT+SHIFT+C. Setelah menambahkan Camera tekan tombol C untuk mengubah menjadi 3d.

Kemudian untuk menjadikan video terlihat nyata seperti film hollywood Teman-teman tinggal menambahkan backgroundnya dengan latarbelakang langit atau bahas kerennya yaitu sky, menambahkan background ini bertujuan supaya si pesawat saat di gerakan akan terlihat seperti di dunia nyata. berikut video yang sudah saya tambahkan background sky dan terlihat lebih menarik dan hidup, seperti film hollywood hehe.

composition jet strike fly

Kemudian untuk menggerakan si pesawat caranya cukup mudah untuk di lakukan yaitu melalui layer camera ataupun melalui layer E3D yaitu Elemnt 3D. Ikuti dan simak pembahasan di bawah ini Teman-teman me menggerakan pesawat melalui layer camera.

1. Teman-teman tekan layer camera trus tekan lagi transform, di dalam transform ada point of interest dan position kemudian klik lingkaran dari keduanya.
transform

2. Setelah itu masukan point of interest 811.7, 510.7, -329.2 dan position -617.8, 29.8, -1163.5 masukan angka-angka tersebut dalam camera supaya hasilnya mirip seperti video yang saya buat di atas.

3. Untuk end atau akhir animasi pesawat Teman teman boleh memasukan point of interest 506.5, 248.9, 249.4 dan position -946.6, -240.1, -569.4. Cobalah masukan angka-angkanya sama persis seperti yang saya buat di atas maka hasilnya akan seperti punya saya. Namun perlu di ketahui juga dalam membuat animasi ini tanpa  ada effect kurang bagus juga hasil dari animasi tersebut, sebenarnya untuk menambahkan effect-effectnya cukup mudah dan simple karena plugin atau effect dari after effect sudah otomatis ada di dalamnya sehingga mempermudah seseorang yang akan menggunakannya tanpa harus menginstal plugin lagi. Untuk membuat effect awan sobat bisa menggunakan effect trapcode. Apa itu trapcode? Trapcode yaitu sebuah effect yang di dalamnya berisi effect awan dan lain-lainnya karena keguunaan trapcode sangat banyak sekali sehingga ketika kita akan menambahkan effect awan atau partikel kita bisa menggunakan effect trapcode tersebut. Namun untuk software after effect CS 4 effect trapcode sepertinya belum ada pada menubar effect. Untuk itu Teman-teman bisa mendownload dulu Full Plugin adobe after effect CS 4, semakin banyak effect semakin bagus pula software tersebut.

Cukup itu yang dapat saya sampaikan Teman-teman. Apabila Teman-teman belum jelas tentang pembahasan di atas Teman-teman bisa menanyakannya dan bisa request permintaan juga tentang cara membuat animasi video visual effect pada software after effect. Terimakasih sudah mau berkunjung.membuat effect awan
No comments:
Write komentar