Tuesday 1 December 2015

Belajar dan Tutorial After Effect

Sekarang saya akan memposting tentang Belajar dan Tutorial After Effect, sebenarnya belajar untuk menguasai software after effect sangatlah mudah hanya saja tergantung kita apakah kita akan berusaha untuk bisa menguasai software after effect ataukah sebaliknya. Di zaman modern ini menguasai software memang sudah menjadi keinginan setiap manusia yang kerjanya hanya duduk santai di depan layar monitor ataupun pc. Karena dengan menguasai software kita akan lebih mudah untuk mencari pekerjaan, malah tanpa harus mencari kerja tetapi pekerjaan yang mencari kerja. Contoh seseorang yang bisa menguasai software Corel Draw, Photoshop dan AI mereka dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan tanpa harus bersusuah-susah mencari pekerjaan. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tetang dasar-dasar yang harus di kuasai oleh seorang yang ingin belajar software after effect. 
        
Untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas ada tiga tahap, apa sajakah tiga tahap itu? Yang pertama.

1. Input : Yaitu dalam proses input kita harus memasukan file video yang akan kita jadikan vfx video.
2. Proses : Yaitu setelah menginputkan sebuah video selanjutnya tinggal memberikan effect-effect, biasanya dalam proses ini membutuhkan waktu yang lama tergantung durasi video dan spec laptop masing-masing.
3. Output : Yaitu tahap akhir setelah input dan proses biasanya pada tahap akhir ini kita akan merender sebuah video yang sudah di berikan effect.

Oke kita langsung ke tahap pertama yaitu input.
1. Input atau memasukan video ke after effect.


Di sini saya menggunakan cara cepat dalam menginputkan sebuah video, tanpa harus mengeklik tulisan File lalu Import. Cara di atas cukup simple dan mudah untuk di lakukan tinggal klik kiri pada cursor terus Import filenya. Setelah tahap ini selesai selanjutnya akan kita drag dan drop video tersebut. 


Lihat anak panah yang di beri warna merah, itu menunjukan bahwa kita di suruh untuk mendrag ke layar comp. Sampai sini sudah jelas Teman-teman? kalau sudah jelas sekarang lanjutkan ke tahap berikutnya. Setelah tahap di atas selesai drag n drop maka tampilannya akan seperti di bawah ini. 

Sudah paham Teman-teman sampai sejauh ini? Sekarang ke tahap pemrosesan atau tahap memberi effect ke tulisan VFX ANIMATION. Dalam memberikan proses biasanya akan lama dan akan memakan waktu yang banyak tetapi semua itu tergantung dari lamanya durasi yang akan kita tentukan. Oke kita lanjutkan ke tahap dua yaitu pemrosesan.

2. Pemrosesan dalam sebuah video
           Dalam tahap ini kita akan memberikan effect-effect yang super duper keren Teman-teman, Pada dasarnya menambahkan effect ada dua cara, yaitu lewat jalur ketik di search box dan yang kedua mencari effect secara manual. Baiklah akan saya jelaskan dahulu tetang cara menambahkan effect. Yang pertama,
A.) Mencari effect melalui search box : Jadi kita tuliskan effect apa yang akan kita gunakan di search box dan secara otomatis effect tersebut akan muncul di bawahnya. Silahkan lihat gambar di baawh ini apabila kurang jelas. 

 Perhatikan lingkaran bulat yang saya beri warna merah, di situ saya mengetikkan element dan secara otomatis element tersebut tampil di bawahnya. Bagaimana Teman-teman cukup simple dan mudah bukan? Tentunya sangat-sangatlah mudah dong. Kan tinggal mengetikkan saja, masa susah mengetikkan yang begituan. hahaha

B.) Mencari effect secara manual : Jadi mencari effect secara manual menurut saya cukup sulit dan membinggunkan, kan segitu banyaknya masa harus cari satu persatu sih. Lihat gambar apa bila kurang jelas.


 Itu lihat gambar yang saya lingkari dengan warna merah, itu adalah effect yang terdapat di software after effect, banyak kan? masa segitu banyaknya harus cari effect satu per satu sih. Misalkan saya mau mencari effect element, apakah harus mencari satu per satu? Tentunya tidak mungkinlah hal itu di lakukan apakah tidak lama dan membuang-buang waktu hanya untuk mencari effect yang satu ini.

          Silahkan Teman-teman bisa memilih mau menggunakan cara satu atau dua, kalau saya sih sering menggunakan cara satu, cepat, tepat dan akurat wah seperti berita ajah.

           Setelah tahap di atas selesai selanjutnya kita membuat tulisan VFX ANIMATION menjadi lebih keren dan enak untuk di pandang, enaknya di beri effect apa ya Teman-teman? Ok saya akan memberikan effect pixel polly pada tulisan tersebut. Tahu effect pixel polly Teman-teman? kalau tidak tahu baca artikel saya tentang kegunaan effect pixel polly pada after effect.

             Sekarang teman-teman cari atau tuliskan di search box lalu tuliskan pixel polly secara otomatis nanti effectnya muncul di bawahnya tinggal klik effect tersebut. 
 Gambar di atas merupakan effect pixel polly di after effect, silahkan teman-teman bisa atur Forcer, Gravity dan lain-lain. Di bawah merupakan gambar effect cc pixel polly 

Kok gambarnya pecah-pecah gan? Ya iyalah namanya saja cc pixel polly ya pecah-pecah. wkwkwk
Jika Teman-teman sudah sampai tahap ini sekarang saatnya merender sebuah animasi untuk di jadikan format video. Sudah tahu belum untuk merender sebuah video di after effect? Kalau belum tahu saya kasih tahu deh. 

1. Klik Composition terus pilih Add to Render Queue setelah itu klik tulisan Lossless. Jika sudah klik maka akan di bawa ke tampilan seperti ini 

Silahkan Teman-teman bisa pilih format videonya sesuai keinginan hati teman-teman, kalau sudah tekan OK, setelah itu klik Render dan tunggu beberapa menit. Maka video anda pun sudah jadi .

No comments:
Write komentar