Tuesday 8 December 2015

Tutorial After Effect Membuat Opening

Tutorial After Effect Membuat Opening Video di software after effet cs 4. Untuk membuat opening video di software after effect yang harus di perhatikan adalah kita menentukan terlebih dahulu konsep yang akan kita ambil sebagai opening sebuah video. Tanpa ada konsep yang jelas maka hasil akhir dari sebuah video tersebut tidak akan menarik dan tidak bagus. Contohnya saja ketika kita akan membuat sebuah animasi kita di harus terlebih dahulu menentukan tema dan storyboardnya dahulu. Ini bertujuan untuk mempermudah dan supaya hasil dari video tersebut terlihat bagus. Oke kalau begitu yang harus Teman-teman lengkapi persyaratannya untuk membuat sebuah video opening sebagai berikut:

gambar logo after effect cs 6 membuat video opening

1. Laptop
Laptop berperan penting dalam membuat sebuah video effect, tanpa ada laptop kita tidak bisa membuat film opening di software after effect. Apabila Teman-teman memiliki laptop yang speknya yang tinggi dan memilik RAM yang memadai maka installah software after effect yang lebih terupdate. Apakah yang di maksud terupdate? yang di maksud terupdate yaitu fitu-fiturnya yang secara signifikan menyesuaikan perkembangan zaman. Maka saran saya Teman-teman bisa menginstal software after effect yang CS 6 ataupun CC. Apa sih kelebihannya software after effect CS 6/CC dengan software after effect CS 4? kalau di tanya tentang perbedaannya sangat banyak sekali. Silahkan kalau mau mengenal lebih dalam dan ingin mengetahui keunggulan dari software after effect Teman-teman bisa browsing di Google.
2. Software After Effect
Software After Effect yang di gunakan untuk membuat sebuah video effect. Misalkan ingin mengedit atau mentracking muka seseorang dan muka seseorang tersebut kita ganti dengan muka lain. Software after effect memang serba bisa, kalau Teman-teman ingin menguasai software after effect Teman-teman harus terlebih dahulu mengenal tools di software after effect tesebut dan kegunaan dari tools tersebut. Saya saja sudah hampir setengah tahun belum keseluruhan menguasai after effect. Tetapi bila ada niat yang lurus dan ingin belajar Teman-teman dalam waktu singkat bisa menguasai software tersebut. Untuk menjadi seseorang yang mahir menguasai software after effect dalam waktu dekat yaitu:

 a.) Setiap hari atau satu jam sehari selalu menggunakan software after effect, walaupun hanya beberapa menit saja kalau setiap harikan nantinya akan mengenal sendiri tools ini untuk apa dan kegunaannya. 
 b.) Saling berbagi kepada Teman-teman, ajarkan ilmu yang Teman-teman dapatkan atau memang sudah mengerti tentang sotware after effect. Tidak akan hilang kok ilmu yang kita ajarkan, malah akan bertambah dan terus bertambah.
 c.) Kenali fungsi after effectnya dan kegunaanya. Di dalam software after effect ada banyak sekali fungsi-fungsi dari masing-masing effect tersebut. Maka harus di coba satu per satu.
 d.) Cari-cari tutorial after effect di internet.

Nah itu adalah tips untuk bisa menguasai software after effect. Okelah kalau Teman-teman sudah memenuhi persyaratan di atas maka lanjut ke tahap berikutnya yaitu membuat animasi opening:

1. Untuk membuat animasi opening yang harus Teman-teman lakukan adalah membuka terlebih dahulu software after effectnya. Silahkan buka dulu ya. Sudah bisakan membuka software after effect? masa tidak bisa si kan cuma mbuka aja. 

2. Setelah software after effect di buka silahkan Teman-teman di sarankan untuk membuat New Composite, tahukan New Composite kegunaannya untuk apa dan caranya membuat New Composite? Jadi kegunaan New Composite yaitu untuk memulai ketika kita akan membuat sebuah video. Tanpa ada New Composite kita tidak bisa membuat sebuah video effect. Caranya membuat New Composite yaitu pilih Composite dan kli New Composite atau bisa tekan tombol "CTRL+N".

3. Setelah membuat New Composite kemudian buatlah layer solid. Caranya tekan "CTRL+Y". Di sini saya sakan membuat animasi opening menggunakan "Horizontal Type Tool".

4. Kemudian tekan "Horizontal Type Tool" yang bentuknya huruf "T". Setelah mengaktifkannya kemudian buatlah tulisan terserah Teman-teman. Misalkan nama Teman-teman sendiri juga boleh.

5. Buat konsepnya terlebih dahulu, kita akan membuat object tidak ada menjadi ada. Yaitu menggunakan "Position". Untuk membuat object tidak ada menjadi ada yaitu sebagai berikut.

gambar layar kerja after effect cs 6

Supaya objectnya hilang maka di tarik terlebih dahulu dari layer ya Teman-teman, kan kita ingin membuat object yang tidak ada menjadi ada. Maka hilangkan dahulu object tersebut.

6. Sampai tahap ini sudah bisa untuk mengikuti semua Teman-teman? Kalau sudah mari kita berlanjut ke tahap selanjutnya, yaitu tahap menampilkan object.

gambar ae cs 6

Dari gambar nomor 6 bisa di lihat bahwa ada dua layer, yang layer pertama yaitu layer object dan yang ke dua yaitu layer solid. Untuk menampilkan object maka langkah yang perlu di lakukan adalah aktifkan layer objectnya terlebih dahulu. Bagaimana mengaktifkan si layer object tersebut? Mudah kok untuk mengaktifkannya. Tinggal klik saja satu kali maka akan secara otomatis aktif. Setelah aktif tekan huruf "P" maka secara otomatis akan muncul tulisan "Position" di bawah layer object tersebut. Tekan lingkaran pada position tersebu dan tarik Current Time Indicator ke angka berapa saja. Terserah Teman-teman deh mau angka apa. Di buat senyaman mungkin ya Teman-teman dan sesuaikan waktunya. Setelah di tarik kemudian tekan lagi lingkaran di sebelah kiri tulisan position dan tarik objectnya ke layer. Maka object tersebut dari semula tidak ada menjadi ada.

7. Apabila tahap di atas sudah selesai maka lanjut ke tahap yang satu ini.

gambar mengatur durasi waktu

Coba perhatikan gambar di atas, jika kita perhatikan ada dua titik. Titik pertama biarkan nilainya masih tetap dan titik kedua nilainya di ubah. Bagaimana sudah paham belum. Kalau sudah paha lanjut ke tahap berikutnya. 
    
Nah itulah tutorial yang dapat saya tuliskan apabila kurang jelas bisa di tanyakan dengan cara berkomentar di bawah. Insyaallah akan saya balas secepatnya dan apa bila ingin melihat video tutorialnya maka akan saya upload secepatnya.
No comments:
Write komentar