Sunday 7 August 2016

Cara Membuat Video Intro di After Effects dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Video Intro di After Effects dengan Mudah dan Cepat. Pernahkah Anda terbayang mengenai video video di instagram yang di setiap video biasanya ada sebuah intro dan penutu videonya juga? Jika pernah terbayang maka hal itu sama seperti saya saat melihat video video di instagram, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan atau memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat video intro dengan mudah tanpa harus membutuhkan waktu yang lama di software After Effects.

Pertama jelas Anda harus mempunya sebuah software After Effects yang sudah full version agar bisa di jalankan di komputer atau laptop masing masing. Jika belum mempunyai software tersebut maka silahkan berkomentar nanti akan saya berikan link downloadnya yang masih work dan full version.

Cara Membuat Video Intro di After Effects dengan Mudah dan Cepat

Kemudian cara yang harus di lakukan berikutnya jika sudah di install software After Effects tersebut, maka silahkan buka terlebih dahulu. Dan cara caranya mari simak pembahasan berikut ini:


1. Agar software After Effects bisa di gunakan maka Anda harus terlebih dahulu membuat Composition dan Layer Solid. Cara membuat yang cepat yaitu tekan tombol CTRL+N untuk membuat Composition dan CTRL+Y untuk membuat Layer Solid. Kemudian akan terlihat tampilan lembar kerja yang seperti ini:

Cara Membuat Video Intro di After Effects dengan Mudah dan Cepat

Apabila warnanya berbeda dengan yang Anda buat, maka itu tidak akan menjadi sebuah masalah, karena pada intinya adalah sama yaitu membuat Composition dan Layer Solid.


2. Kemudian apabila sudah membuat Composition dan Layer Solid maka langkah selanjutnya Anda haruslah membuat sebuah intro video, di sini saya akan membuat sebuah text atau tulisan yang bertuliskan
" SELAMAT DATANG ".

3. Maka kita bisa pilih icon "T" untuk membuat sebuah tulisan.

Membuat Tulisan dengan Icon Text

Atau bisa menekan tombol CTRL+T pada keyboard Anda masing masing.

4. Kemudian langsung buat sebuah tulisan di lembar kerja di software After Effects. Di bawah ini merupakan tampilan gambar yang sudah saya berikan tulisan textnya.

layer solid pada software after effects

Agar tulisannya bisa seimbang di tengah maka Anda bisa mengaktifkan mode Title/Action Safe. Gambarnya berikut ini:

mengaktifkan mode title atau action safe di after effects

Apabila sudah di aktifkan maka akan ada dua garis berbentuk kotak di layer solid Anda, silahkan Anda bisa seimbangkan tulisannya sehingga terletak di tengah tengah.

5. Nah kemudian kita lanjut untuk memberikan effectsnya, ikutilah cara caranya berikut ini:

Ketikkan jika Anda lihat di samping kanan, maka ada tulisan Effects & Presets, silahkan di situ Anda cari tulisan Bars Lime dengan mengetikan di kolom pencarian yang sudah tersedia.

effects dan presets di after effects

Kemudian jika sudah selesai maka Anda tinggal mengeklik dua kali pada tulisan Bars Lime atau mendragnya ke lembar kerja Anda. Jika berhasil maka akan ada effects bertuliskan wiggle frequency di sebelah kiri. Dan apabila berhasil maka tampilan lembar kerja Anda akan berubah seperit ini:

video intro satu

video intro dua

video intro tiga

video intro empat

Perlu Anda ingat bahwa di atas adalah beberapa gambar yang dapat saya tunjukan, karena gambar bersifat video intro maka hanyalah beberapa bagian video yang saya screnshoot dan saya perlihatkan kepada Anda.

Begitulah cara membaut video intro dengan mudah dan cepat, apabila Anda ingin bertanya silahkan, misalkan inging bertanya mengenai mana demonya? mana tutorial videonya? Jika Anda bertanya sedemikian pula maka akan saya perlihatkan videonya dan tutorial dalam bentuk video tersebut.
No comments:
Write komentar